Iklan unjuk rasa (demo ad)

Iklan berbentuk TVC, print ad, atau radio comm? Biasaaa… sekarang bentuk dan medium iklan udah maaaaaakin banyak dan bervariasi. Ada yang bentuk ambient ad, placement (produk digunakan dalam film/sinetron), adtalk (diucapkan dalam sebuah talkshow), dalam bentuk event, dll..

Nah, satu lagi patut dicoba neh.. iklan ‘berkedok’ unjuk rasa. Judulnya aja unjuk rasa/ demo/ protes terhadap suatu isu, tapiiii… dalemnya, isinya, teteeep.. KAMPANYE atau IKLAN.

Unjuk rasa di bunderan HI Jakarta beberapa waktu lalu yang menentang (meng-counter) politisasi isu neoliberisme untuk menyerang suatu kandidat presiden dan wapres, sebenarnya adalah BENTUK KAMPANYE TERSELUBUNG YANG MENGOMUNIKASIKAN PESAN IKLAN kandidat tersebut. Lihatlah kata ‘Lanjutkan!’.. bukankah itu kental dengan slogan iklan salah satu kandidat?

Iklan/ kampanye berkedok unjuk rasa.. menarik nggak ya jika diaplikasikan ke iklan produk/ jasa komersial? (sumber foto: Bisnis Indonesia)

Iklan/ kampanye berkedok unjuk rasa.. menarik nggak ya jika diaplikasikan ke iklan produk/ jasa komersial? (sumber foto: Bisnis Indonesia)

 

Hmmm.. boleh juga. Beriklan menggunakan medium unjuk rasa dengan mengangkat isu real yang lagi hangat. Kalau diaplikasikan ke suatu produk/ jasa komersial, mungkin cukup menarik. Axe memang pernah membuat suatu event yang menggunakan bentuk unjuk rasa para wanita2 cantik. Nah, produk/ jasa yang lain gimana?

Kalau isu unjuk rasa Axe yang diusung memang dibuat2 (bukan isu real yang sedang hangat) sebagai sebuah ‘iklan beneran’, gimana kalau MEMANFAATKAN ISU YANG SEDANG HANGAT DI MASYARAKAT, KEMUDIAN DIUNJUKRASAI DENGAN TITIPAN PESAN IKLAN SUATU PRODUK/ JASA YANG RELEVAN? Mungkin ini bisa disebut ambient event, atau iklan gerilya, karena menelusup ke isu real yang sedang beredar atau hangat dibicarakan masyarakat secara wajar, tanpa ‘kelihatan’ seperti iklan.

Boleh dicoba. (bamz)

Advertisements

Tags:

One Response to “Iklan unjuk rasa (demo ad)”

  1. AeArc Says:

    hehe.. kalo iklanin blog pake unjukrasa segala boleh gak?
    misalnya:
    “tuntut pemerintah yang tidak mau membuka www gragorz blogspot com !!”
    (gimana, suara saya cukup kenceng kan?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: